Silaturahmi. (Part I)

Minggu, 06 November 2011


Ya , tema yang akan aku bawakan kali ini adalah "Silaturahmi" .

Silaturahmi artinya tali persahabatan atau tali persahabatan , sedangkan bersilaturahmi adalah mengikat tali pesahabatan/persaudaraan . Jadi untuk mengikat tali persahabatan/persaudaraan itu kapan saja waktunya dan tidak boleh diputuskan .

Silaturahmi termasuk akhlak yang mulia .   Allah SWT . telah menyeru hamba-Nya berkaitan dengan silaturahmi .


وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَآءَلُونَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
Artinya: “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An Nisaa’ 4:1).
Rasulullah saw. juga bersabda : 
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
Artinya: “Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.” 



Kini dapat kita mengerti betapa pentingnya silaturahmi dalam Islam . Maka , melihat pentingnya silaturahmi tersebut , berikut merupakan 10 manfaat silaturahmi menurut Abu Laits Samarqandi , yaitu :

1.Mendapat ridho dari Allah SWT.


2.Membuat orang yang kita kunjungi bahagia . (Walaupun mungkin ada yang tidak XD) . Hal ini sangat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW  , yaitu "Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia ". Subhanallah . 


3.Menyenangkan malaikat , karena malaikat juga senang bersilaturahmi


4.Disenangi oleh manusia . 


5.Membuat iblis dan setan marah . 


6.Memanjangkan usia .


7.Menambah banyak berkah dan rejekinya . 


8.Membuat senang orang yang telah wafat . Sebenarnya mereka itu tahu keberadaan kita yang masih hidup , namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa . Mereka merasa bahagia apabila keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik . 


9.Memupuk rasa cinta terhadap sesama manusia , meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan , mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan .


10.Menambah pahala setelah kematiannya , karena kabaikannya (dalam hal ini , suka bersilaturahmi) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya .

SUBHANALLAH .
Aku aja ngetik nya udah kagum kali akan manfaat silaturahmi . Semoga kita semua termasuk ke dalam orang-orang yang suka bersilaturahmi . Amin .

Sumber : Disini dan Disini
Image : Google

0 komentar:

Posting Komentar